Selasa, 22 Februari 2011

bab I manusia dan kebudayaan

Nama : Maulidan Yulianto
Kelas : 1IA09
NPM: 54410280
A.hakekat manusia :
1. Manusia menurut Pandangan Filsafat
    Menurut P. Leenhouwers, manusia mengandung makna “bebas,” manusia memiliki kebebasan berkehendak, kebebasan bercita-cita atau ideal, kebebasan dalam arti politik dan sosiologis, kebebasan sebagai realitas yang kompleks. Allah adalah penyebab tertinggi, maka kalau benar-benar bebas perbuatannya yang dipilih sendiri luput dari pengaruh kuasa Allah. Jadi kebebasan disini masih terikat oleh ketentuan-ketentuan Allah. 
    Sedangkan John Wild menyatakan bahwa manusia menunjukkan hakikat rangkap yang terdiri dari segi fisik (materil) dan segi non materil yang bersifat akali. Sejalan dengan itu, Aristoles berpandangan bahwa manusia merupakan makhluk yang mempunyai dua bagian yang hakiki dan dua prinsip yang menyusunnya yatiu: raga material yang terorganisir (aspek fisik), dan hidup rasional yang menggerakkannya (aspek psikhis).
2.   Manusia menurut pandangan Islam 
    konsep Al-Basyr, manusia terdiri atas unsur materi yang menampilkan sosok fisik yang memiliki dorongan biologis misalnya dorongan makan, minum, seksual, mempertahankan diri/hidup dan lain sebagainya. Al-Insan mengacu kepada potensi yang dianugrahkan Allah kepada manusia, yaitu potensi untuk tumbuh secara fisik dan berkembang secara mental spiritual. An-Nas, bahwa manusia diciptakan Allah sebagai mahluk sosial, yaitu manusia membutuhkan dan dibutuhkan oleh individu lain. Saling berinteraksi antara manusia yang satu dengan yang lain dalam duka maupun suka. Manusia adalah kholifah di muka bumi oleh karena itu manusia dilengkapi dengan berbagai potensi antara lain bekal pengetahuan (Q.S:2;3).
B.definisi kebudayaan 
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut cultureyang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. dibawah ini beberapa ahli pengertian kebudayaan :

1. Edward B. Taylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan 
kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.
2 Dr. K. Kupper
Kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.
3. William H. Haviland
Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di terima oleh semua masyarakat.
4. Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
5.Francis Merill
Pola-pola perilaku yang di hasilkan oleh interaksi social,  Semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh sesorang sebagai anggota suatu masyarakat yang di temukan melalui interaksi simbolis.
6. Bounded et.al
Kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu, misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya di antara para anggota suatu masyarakat. Pesan-pesan tentang kebudayaan yang di harapkan dapat di temukan di dalam media, pemerintahan, intitusi agama, sistem pendidikan dan semacam itu.
7. Mitchell (Dictionary of Soriblogy)
Kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar di alihkan secara genetikal.
8. Robert H Lowie
Kebudayaan adalah segala sesuatu yang di peroleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.
9. Arkeolog R. Seokmono
Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

kepribadian bangsa timur
      I. Francis L.K Hsu, sarjana Amerika keturunan Cina yang mengkombinasikan dalam dirinya keahlian di dalam ilmu antropologi, ilmu psikologi, ilmu filsafat dan kesusastraan cina klasik. Karya tulisnya Physicological Homeostatis Cina Klasik. Majalah American Antropologist, jilid 73 tahun 1971, halaman 23-24.
j. - Kepribadian bangsa timur identik dengan bangsa asia, contohnya negara indonesia.
k.  -  Kepribadian bangsa timur itu memiliki ciri-ciri
l.    - ramah terhadap sesama
m. - saling gotong royong
n.   - saling tolong- menolong
o.   - saling menghargai
p.   - lebih mementingkan kehidupan rohani, mistik
q.  - Sedangkan bangsa barat, individualis(mementingkan diri sendiri),pikiran logis, dan terbuka
r. - Contoh: kepribadian bangsa timur akan dalam hal pakaian akan tertutup dibandingkan dengan bangsa barat karena bangsa timur memiliki rasa malu yang sangat tinggi,  sedangkan bangsa barat lebih cenderung terbuka.

            
            Orang-orang timur mempunyai manner yang khas yang membedakannya dengan bangsa lain. Bangsa timur sangat terkenal dengan keramahtamahannya terhadap orang lain bahkan orang asing sekalipun. Bagaimana mereka saling memberikan salam, tersenyum atau berbasa-basi menawarkan makanan atau minuman. Bangsa timur juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai atau norma norma yang tumbuh di lingkungan masyarakat mereka.


Bagan sosiogram pada manusia
 


Penjelasan
0. Dunia luar
1. Lingkungan hubungan jauh
2. Lingkungan hubungan berguna
3. Lingkungan hubungan karib
4. Kesadaran yang dinyatakan konsep manusia berjiwa selaras
5. Kesadaran yang tak dinyatakan
6. Subsadar freud
      7. Tak sadar konsep

bagan psiko-sosiogram manusia menurut Prof.Dr.koentjaraningrat dalam bukunya yang berjudul kebudayaan, mentalitas, dan pembangunan.
Sampai sekarang, ilmu psikologi di Negara Barat mengembangkan konsep-konsep dan teori-teori mengenai aneka warna isi jiwa, serta metode-meetode dan alat-alat untuk menganalisis secara mendetail variasi jiwa individu.
Kebudayaan Universal    
    Dari beberapa pendapat yang ada tentang unsur kebudayaan universal, pendapat C. Kluckhohn yang sering dijadikan sebagai referensi. Pendapat C. Kluckhohn tentang tujuh unsur kebudayaan merupakan hasil inti sari dari pendapat-pendapat lainnya.
Dalam karyanya yang berjudul Universals Categories of Culture, ia menjelaskan 7 unsur kebudayaan universal yang selanjutnya disebut cultural universals, yaitu sebagai berikut.
1.      Sistem kepercayaan (sistem religi)
2.      Sistem pengetahuan
3.      Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
4.      Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi
5.      Sistem kemasyarakatan
6.      Bahasa
7.      Kesenian
    Urutan unsur-unsur kebudayaan di atas menurut Koentjaraningrat didasarkan pada mudah atau susahnya suatu unsur kebudayaan mengalami perubahan. Artinya, unsur kebudayaan yang ada pada nomor urut pertama dianggap sebagai unsur kebudayaan universal yang paling sulit berubah, sedangkan urutan yang terakhir merupakan unsur kebudayaan yang paling mudah berubah.

Fungsi Unsur-Unsur Kebudayaan Universal
    Pembahasan tentang fungsi unsur kebudayaan mulai muncul setelah Malinowski memunculkan tulisan-tulisan yang beraliran fungsionalisme. Aliran ini memandang bahwa segala sesuatu akan tetap ada jika masih memiliki fungsi, termasuk unsur-unsur kebudayaan yang ada dalam masyarakat.
Berbagai unsur kebudayaan yang ada dalam masyarakat memiliki fungsi untuk memuaskan suatu rangkaian hasrat atau naluri akan kebutuhan hidup manusia yang disebut basic human needs. Misalnya, unsur kebudayaan sistem religi atau agama.
        Unsur ini sangat dibutuhkan oleh manusia terutama untuk menjawab ketidakberdayaan manusia dalam mengahadapi berbagai masalahkehidupan yang sulit diterima akal. Agama juga berfungsi untuk mengatur kehidupan manusia dalam hubungannya dengan Penciptanya.
Sistem pengetahuan berfungsi untuk menjawab kebutuhan manusia akan rasa ingin tahu. Dengan pengetahuan, manusia dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya.
    Unsur lainnya, yaitu peralatan dan perlengkapan hidup manusia yang selanjutnya bisa disebut sebagai teknologi, juga mempunyai fungsi yang  sangat penting bagi pemenuhan kebutuhan  manusia. Dengan teknologi, manusia semakin mudah memenuhi segala kebutuhan.
    Dalam kehidupan, manusia juga memerlukan mata pencaharian atau sistem ekonomi. Dengan mata pencaharian atau sistem ekonomi, manusia dapat memenuhi kebutuhan produksi, distribusi, maupun konsumsi.
Sistem kemasyarakatan atau sistem sosial juga diperlukan oleh manusia. Manusia mempunyai kecenderungan untuk berkelompok, maka mereka membentuk keluarga dan kelompok sosial lainnya yang lebih besar.
Adapun unsur bahasa dan unsur kesenian juga sangat dibutuhkan oleh manusia. Tanpa bahasa, baik lisan, tulisan, maupun bahasa isyarat, manusia akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi. Dengan kesenian manusia mampu memenuhi kebutuhan rekreasi atau mampu mengapresiasikan perasaan seninya.

Wujud Kebudayaan Menurut Dimensi Wujudnya
      Menurut dimensi wujudnya,kebudayaan mempunyai tiga wujud,yaitu :
1.Kompleks gagasan,konsep,dan pikiran manusia. Wujud ini disebut sistem budaya yang bersifat abstrak,berpusat pada tiap kepala manusia dan dapat dinyatakan dalam bentuk tulisan.
2. Kompleks Aktivitas. Berupa aktivitas manusia yang saling berinteraksi, bersifat konkret, dapat diamati, diobservasi, dan difoto.
3.Wujud Sebagai Benda Manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari penggunaan peralatan untuk mencapai tujuannya.

 Opni
menurut saya kebudayan timur sangat baik menurut norma atau adat yang ada. karena menunjung tinggi nilai norma dan adat istiadatnya. seperti orang-orang timur mempunyai manner yang khas yang membedakannya dengan bangsa lain. Bangsa timur sangat terkenal dengan keramahtamahannya terhadap orang lain bahkan orang asing sekalipun. Bagaimana mereka saling memberikan salam, tersenyum atau berbasa-basi menawarkan makanan atau minuman. Bangsa timur juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai atau norma norma yang tumbuh di lingkungan masyarakat mereka. Contohnya saja nilai kesopanan. Di beberapa negara di Asia ada cara dimana kita harus menundukkan/membungkukkan badan 90 derajat pada orang yang lebih tua atau mempunyai kedudukan yang lebih tinggi secara finansial maupun pendidikannya untuk menunjukkan rasa hormat kita. Kepribadian bangsa timur juga identik dengan tutur kata yang lemah lembut dan sopan dalam bergaul maupun berpakaian. Orang-orang timur juga sangat mengedepankan kepentingan bersama daripada kepentingan yang bersifat pribadi.

            Bangsa lain juga sangat suka dengan kepribadian bangsa timur yang tidak individualis, dan saling menghargai serta tolong menolong satu sama lain tanpa pamrih. Selain itu bangsa timur sangat menjaga tali silaturahmi atau kekeluargaan antar sesama. Bangsa timur juga terkenal mempunyai pribadi sebagai bangsa pekerja keras, mereka akan berjuang untuk memenuhi kebutuhan baik kebutuhan individu mereka atau kebutuhan kelompok. Tingkat keagamaan atau religiusitas mereka juga tinggi, terlihat dari seringnya mereka melakukan ibadah. kepercayaan bangsa timur terhadap nenek moyang mereka juga masih kental hingga saat ini. bangsa timur juga terkenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan bangsanya. Kebudayaan itulah yang mereka jadikan sebagai panutan mereka dalam berperilaku. sebaiknya kita harus menjaga kebudayaan kita karena kebudayaan warisan nenek moyang kita dan harus dijaga dan dilestarikan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar